Jumat, 30 September 2016

Penyelesaian 8-Puzzle Yang Berkaitan Dengan Artificial Intelliegence

8-Puzzle adalah sebuah permainan sliding puzzle ciptaan Sam Loyd yang terdiri dari sebuah bingkai yang berisi kotak kotak angka dalam keadaan beracak dimana ada sebuah kotak yang hilang. Tujuan dari game ini adalah dengan memakai gerakan geser yang menggunakan ubi kosong untuk mencapai goal state. 8 Puzzle merupakan salah satu implementasi dari Artifical Intelegence. Didalam penyelesaiannya terdapat banyak algoritma pencarian yang dapat diterapkan

Penyelesaiyan masalah dalam kontek AI di jabarkan dalam 4 item :
I.        Initial state, yaitu mencari penyelesian dari awal suatu permasalahan
II.      Successor Function, yaitu langkah-langkah yang digunakan untuk mencari penyelesaian suatu permasalahan
III.    Goal test, yaitu sebuah hasil akhir atau akhir tujuan yang harus dicapai
IV.     Path cost, yaitu banyaknya langkah-langkah, biaya, waktu, yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah

1.     Initial state pada game ini adalah mengurutkan sebuah puzzle berisi angka, yang awal nya memiliki angka yang tidak berurutan menjadi berurutan dengan cara memindahkan angka-angka ke kotak yang kosong
   >                                          











2.       Successor Function, Untuk mempermudah mengambil keputusan kita menggunakan Decision tree (pohon keputusan) dalam Decision tree terdapat 2 tipe pencarian yaitu {DFS dan BFS} dan disini saya akan menggunakan metode pohon pencarian DFS.



Cara mendapatkan goal :

1)      Pindahkan angka 2 ke kanan
2)      Pindahkan angka 1 ke atas
3)      Pindahkan angka 4 ke kanan
4)      Pindahkan angka 3 ke bawah

3.      Goal test dimana angka-angka yang tadi nya tidak berurutan, menjadi berurutan hanya dengan menggeserkan angka-angka kearah kanan, kiri, atas, atau bawah ke kotak yang kosong

4.       Path cost langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan game 8-Puzzle diatas yaitu 4 langkah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar