8-Puzzle adalah sebuah permainan
sliding puzzle ciptaan Sam Loyd yang terdiri dari sebuah bingkai yang berisi
kotak kotak angka dalam keadaan beracak dimana ada sebuah kotak yang hilang.
Tujuan dari game ini adalah dengan memakai gerakan geser yang menggunakan ubi
kosong untuk mencapai goal state. 8 Puzzle merupakan salah satu implementasi
dari Artifical Intelegence. Didalam penyelesaiannya terdapat banyak algoritma
pencarian yang dapat diterapkan
Penyelesaiyan masalah dalam kontek AI di jabarkan dalam 4 item
:
I.
Initial state, yaitu mencari penyelesian dari
awal suatu permasalahan
II. Successor
Function, yaitu langkah-langkah yang digunakan untuk mencari penyelesaian suatu
permasalahan
III. Goal
test, yaitu sebuah hasil akhir atau akhir tujuan yang harus dicapai
IV. Path cost, yaitu banyaknya langkah-langkah,
biaya, waktu, yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah
1.
Initial state pada game ini adalah mengurutkan
sebuah puzzle berisi angka, yang awal nya memiliki angka yang tidak berurutan
menjadi berurutan dengan cara memindahkan angka-angka ke kotak yang kosong
>

2.
Successor Function, Untuk mempermudah mengambil
keputusan kita menggunakan Decision tree (pohon keputusan) dalam Decision tree
terdapat 2 tipe pencarian yaitu {DFS dan BFS} dan disini saya akan menggunakan
metode pohon pencarian DFS.
Cara mendapatkan goal :
1) Pindahkan
angka 2 ke kanan
2)
Pindahkan angka 1 ke atas
3)
Pindahkan angka 4 ke kanan
4) Pindahkan
angka 3 ke bawah
3. Goal
test dimana angka-angka yang tadi nya tidak berurutan, menjadi berurutan hanya
dengan menggeserkan angka-angka kearah kanan, kiri, atas, atau bawah ke kotak
yang kosong
4. Path cost langkah yang diperlukan dalam
menyelesaikan game 8-Puzzle diatas yaitu 4 langkah


Tidak ada komentar:
Posting Komentar